Cara mudah menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan komedo di hidung secara alami

Cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan cepat. Komedo putih adalah jenis komedo yang terakumulasi dari minyak berlebih di wajah dan kotoran debu atau sisa kosmetik yang tidak terangkat dengan baik. Karena komedo ini tertutup kulit, saat dikeluarkan umumnya berbentuk seperti nanah padat yang berwarna putih. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya komedo putih ini, seperti penggunaan kosmetik yang mengandung minyak atau senyawa merkuri, stress psikis yang memicu produksi minyak berlebih, dan makan makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi. Untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda, berikut adalah cara menghilangkan komedo putih yang bisa dicoba di rumah.
Masker putih telur

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan putih telur. Anda bisa memisahkan putih dan kuning telur yang ada dalam sebutir telur dan kemudian mengoleskan putih telur secara merata ke kulit wajah dan memperbanyak di bagian yang mengalami komedo. Diamkan 5-10 menit hingga kulit terasa kencang dan langsung bilas dengan air dingin. Sebagai bahan alami yang mengandung antiradang dan antibakteri, putih telur bisa digunakan untuk perawatan kulit 2-3 kali dalam seminggu.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat dipakai untuk meremajakan dan menyegarkan sel kulit wajah. Untuk mengatasi komedo putih, Anda bisa mengambil satu daun lidah buaya dan mengelupaskan kulitnya. Lendir seperti gel yang ada pada lidah buaya bisa langsung dioleskan merata ke permukaan kulit wajah dan didiamkan sekitar 15 meni, sebelum dibilas bersih menggunakan air hangat. Untuk hasil yang optimal, cara ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu.

Minyak pohon teh

Minyak pohon teh bisa mengangkat dan membersihkan sel kulit mati. Selain itu, minyak pohon teh juga mengandung senyawa antiradang yang mampu meresap hingga ke pori kulit untuk mengatasi komedo. Untuk menggunakannya, Anda bisa membasahi cotton bud dengan minyak pohon teh yang kemudian dioles ke bagian wajah yang mengandung banyak komedo putih. Diamkan semalaman dan keesokan harinya, Anda akan mendapati komedo putih menyembul keluar. Bersihkan langsung menggunakan air dingin dengan memastikan telapak tangan Anda dalam kondisi bersih saat mengusap wajah.

Kayu manis

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya bisa menggunakan kayu manis. Kayu manis mengandung antibiotik dan vitamin C yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo putih sekaligus mencerahkan kulit. Saat ingin memakainya, Anda bisa menempuh beberapa cara, diantaranya:
a.Anda bisa mengambil setengah sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dengan satu sendok teh madu. Aduk hingga terlihat seperti pasta kayu manis dan oleskan ke bagian wajah yang mengalami komedo. Pijat dengan gerakan memutar selama 2-3 menit, lalu bilas dengan air hangat.

b.Campur setengah sendok teh bubuk kayu manis, kunyit, dan air perasan jeruk lemon. Sapukan ke bagian wajah yang mengalami komedo, diamkan 20 menit sambil dipijat diawal dengan gerakan memutar sebelum dibilas bersih.

Komedo yang mudah ditemukan di kulit wajah pria maupun wanita umumnya tidak muncul begitu saja, melainkan karena ada sebab-sebab tertentu. Sebelum Anda menggunakan beragam metode herbal, ada baiknya Anda mengetahui tentang penyebab komedo dan cara mencegahnya.

Penyebab komedo

Ada beragam hal yang bisa menjadi pemicu munculnya komedo di kulit, diantaranya:
a.Infeksi bakteri Propionibacterium acnes yang meningkat dan tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga komedo di permukaan kulit.

b.Efek samping dari konsumsi obat-obatan seperti pil KB, steroid, lithium dalam jangka waktu yang relatif panjang.

c.Mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dengan proses pengolahan yang tidak sehat, seperti dimasak dengan minyak jelantah.

d.Kebiasaan memegang wajah saat tangan dalam kondisi berminyak atau kebiasaan menekan jerawat.
e.Peningkatan hormon saat proses menstruasi yang menyebabkan produksi minyak berlebih dan terakumulasi bersama kotoran yang ada di pori kulit.

f.Iritasi folikel yang ada pada kulit wajah dan menyebabkan banyaknya tumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori kulit.

g.Paparan sinar ultraviolet yang menyebabkan pori kulit terlihat terbuka dan menghitam penuh dengan komedo.

h.Komedo juga bisa dipicu oleh kebiasaan kurang minum air putih dan mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein sangat tinggi.

Jenis komedo

Selain komedo putih dan komedo hitam, ada beragam jenis komedo lain yang perlu Anda ketahui agar cara pengobatan yang dilakukan memberi hasil optimal.

a.Komedo solar

Komedo ini umumnya ditemukan di area dagu maupun pipi orang yang sudah berusia 40 tahun keatas. Umumnya komedo ini merupakan akumulasi dari paparan sinar ultraviolet matahari.

b.Komedo raksasa

Komedo yang berbentuk seperti kista dan terlihat memiliki ujung terbuka dengan warna hitam pekat diatasnya.

c.Mikro dan makro komedo

Disebut mikro komedo apabila komedo putih ini tidak terlalu terlihat oleh mata. Sedangkan makro komedo umumnya memiliki ukuran 2-3mm dan saat dikeluarkan akan berbentuk padatan yang cukup kental.

Metode pencegahan

Ketika Anda tidak ingin rasa percaya diri turun hanya karena komedo, ada beberapa metode pencegahan yang bisa dilakukan, diantaranya:

a.Agar komedo tidak terakumulasi semakin banyak dikulit, jangan gunakan losion, foundation, bedak, atau produik kosmetik lain yang mengandung minyak cukup tinggi. Saat melihat komposisi produk, pilih produk kecantikan yang mengandung komponen aqua lebih dari 50%.

b.Lakukan keramas setiap 2 hari sekali. Metode ini akan mengurangi produksi minyak yang bisa memicu munculnya komedo di kulit.

c.Anda bisa mencegah timbulnya komedo dengan mencuci wajah sebelum dan sesudah bangun tidur dengan sabun wajah yang tidak mengandung merkuri atau sabun keras. Dengan mencuci wajah secara teratur, penumpukan minyak bisa dikurangi. Semoga bahasan tentang penyebab komedo dan cara mencegahnya diatas, membantu Anda dalam merawat wajah agar selalu tampil cerah.