Cara mudah menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan aman

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan aman menggunakan bahan alami. Apakah Anda mengalami kulit kepala gatal karena ketombe? Kelihatannya tidak nyaman dan memalukan saat Anda menggaruk kulit kepala Anda di depan umum. Kulit kepala dan gatal yang gatal akan meningkatkan risiko penipisan rambut dan rambut rontok. Karena itu, penderita ingin mencari solusi efektif untuk kulit kepala dan ketombe gatal, dari sampo mahal, kondisinya hingga perawatan rambut. Namun, ada banyak pengobatan di rumah untuk kulit kepala gatal yang membantu Anda merawat kulit kepala dan ketombe tanpa mengeluarkan banyak uang. Bahan-bahan ini akan saya berikan pada artikel ini dibawah ini tersedia di dapur Anda.

Kulit kepala dan ketombe bisa menyebabkan sensasi yang tidak nyaman dan pengalaman yang memalukan. Ada banyak penyebab yang memicu kulit kepala dan ketombe, termasuk kulit kepala kering, kecemasan berlebihan, kista sebaceous, jamur dan infeksi virus, perawatan rambut yang buruk, dan pola makan yang buruk. Jika Anda ingin merawat kulit kepala yang gatal, Anda harus mengatasi faktor pemicu ini.

Ketika Anda mengalami masalah ketombe, Anda harus mengenali terlebih dahulu penyebab ketombe, seperti:
a. Reaksi kulit kepala pada senyawa kontaminan yang diterimanya, mulai dari komponen senyawa kimia shampoo, debu, polusi udara, dan lainnya.
b. Infeksi mikroorganisme yang menyebabkan pengelupasan pada kulit kepala
c. Peningkatan produksi minyak oleh kelenjar minyak pada kulit kepala yang menyebabkan penggumpalan kotoran maupun sebum.

Setelah mengerti penyebab ketombe diatas, berikut adalah beberapa cara menghilangkan ketombe secara alami, yang bisa diterapkan saat senggang.

Minyak almond

Untuk ketombe yang tidak terlalu serius, Anda bisa menggunakan minyak almond dengan cara mengoleskan 5-10 tetes minyak almond ke kulit kepala. Pijat perlahan hingga minyak terasa meresap ke kulit kepala dan diamkan sekitar 15 menit sebelum dibilas air bersih. Untuk hasil yang optimal, cara ini bisa diulang 2 kali seminggu.

Daun neem

Daun neem mengandung senyawa antibakteri dan antiradang yang bisa meminimalisir munculnya ketombe di kulit kepala. Anda bisa merebus dua lembar daun neem kedalam 200ml air dan setelah mendidih, saring air rebusan untuk dijadikan air bilasan kepala. Pijat-pijat kulit kepala dan biarkan meresap sekitar 15 menit, sebelum dibilas kembali menggunakan air bersih.

Kangkung

Ketika Anda ingin rambut hitam yang Anda miliki bebas dari ketombe dan resiko gatal, rebus seikat daun kangkung kedalam 500ml air, saring air rebusan dan gunakan air tersebut untuk bilasan keramas. Diamkan sekitar 10 menit sebelum dibilas kembali dengan air bersih. Agar hasilnya optimal, Anda bisa melakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Baking soda

Saat Anda ingin menghilangkan ketombe selamanya dari permukaan kulit, cara lain yang bisa ditempuh adalah menggunakan baking soda. Untuk cara ini, Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu, kemudian menaburkan baking soda ke permukaan kulit kepala dan menggosoknya perlahan. Diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Saat membilasnya, Anda perlu memastikan tidak ada lagi serbuk baking soda yang menempel dan segera keringkan.

Air jeruk lemon

Selain bisa digunakan sebagai penghilang jerawat, air lemon juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya ketombe. Anda bisa memeras satu buah jeruk lemon dan menambahkan 100ml air. Guyurkan air jeruk lemon di kulit kepala dan pijat perlahan. Jika kulit kepala mengalami luka akibat terlalu banyaknya ketombe, umumnya ada rasa perih yang akan dirasakan, namun hal tersebut tidak akan memberi efek apapun pada Anda. Diamkan sekitar 20 menit sebelum kemudian dibilas dengan air hingga bersih. Dalam pelaksanannya, beragam cara menghilangkan ketombe secara alami diatas, akan memberikan hasil yang optimal ketika Anda juga melakukan beberapa hal seperti tidak sering berganti shanpoo, menggunakan sisir yang memiliki ujung lunak, dan tidak memakai sisir orang lain.

Minyak jojoba

Esensi murni jojoba adalah anugerah alam yang indah. Minyak jojoba benar-benar identik dengan sebum, minyak dilepaskan oleh kelenjar sebaceous manusia. Sebum yang berperan penting dalam melindungi rambut seringkali dilucuti oleh banyak faktor berbahaya seperti polutan, bahan kimia, sinar UV, dan proses penuaan. Hal ini dapat menyebabkan kulit kepala kering dan gatal. Minyak jojoba akan membantu meredakan iritasi dan gatal pada rambut Anda. Selain itu, juga mengisi kembali rambut Anda dan mengembalikan keseimbangan PH. Sementara beberapa orang memiliki minyak sebum yang terlalu sedikit untuk melindungi rambut mereka, ada juga yang memiliki banyak minyak sebum. Akibatnya, kelebihan deposit minyak sebum akan membantu menyumbat folikel rambut sehingga rambut rontok, ketombe dan gangguan kulit kepala. Menggunakan minyak jojoba akan membantu Anda tidak hanya merawat kulit kepala gatal tapi juga menghilangkan kelebihan sebum, membersihkan rambut dan kulit kepala Anda secara efektif, dan menjaga keseimbangan PH yang tepat. Penggunaan minyak jojoba secara teratur akan membuat rambut Anda tetap sehat dan berkilau.

Untuk menggunakan larutan minyak jojoba untuk mengatasi masalah rambut Anda seperti kulit kepala dan ketombe gatal, Anda harus memijat rambut dan kulit kepala Anda dengan minyak jojoba secukupnya selama beberapa menit sebelum tidur. Tutupi kulit kepala dan rambut Anda dengan handuk atau shower cap untuk menambah panas dan hindari meninggalkan kotoran di bantal saat Anda meninggalkannya dalam semalam dan tidur. Di pagi hari, saat Anda bangun, Anda bisa membilas dan mencuci rambut dengan benar dengan sampo ringan. Untuk hasil terbaik, perawatan ini harus diulang seminggu sekali.

Minyak nimbus adalah obat yang bermanfaat jika Anda ingin mengurangi kulit kepala gatal akibat ketombe. Menggunakan minyak kuat ini akan membuat rambut dan kulit kepala Anda halus dan sehat. Aplikasi teratur akan memberi penderita kulit kepala gatal dan ketombe yang lega. Sementara produk berbasis kimia untuk kulit kepala dan ketombe gatal seperti shampo dan conditioner bisa membuat masalah semakin memburuk, minyak nimba adalah pilihan efektif dan aman untuk mengatasi masalah ketombe dan gatal.

Ada banyak cara bagi Anda untuk menggunakan minyak nimba untuk masalah rambut termasuk ketombe dan kulit kepala gatal. Misalnya, Anda bisa mencuci rambut dengan benar dan menerapkan cuka sari apel secukupnya di kulit kepala Anda. Tinggalkan cuka sari apel di kulit kepala Anda selama beberapa menit. Bilas dan bersihkan sebagian rambut Anda. Setelah itu, Anda oleskan sedikit minyak nimba ke kulit kepala dan rambut Anda. Akhirnya, gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya.

Cara alternatifnya adalah membuat sampo nimba minyak di rumah. Anda hanya perlu menambahkan setengah sendok teh minyak nimba ke dalam botol sampo Anda. Kocok botol sampo untuk memastikan semua bahan ini tercampur rata. Gunakan sampo ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

Minyak nimba

Jika menggunakan minyak nimba saja sangat kuat untuk Anda dan bisa menyebabkan iritasi, dianjurkan mencampur minyak nimba dengan minyak lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak jojoba sebelum melamar.

Dikatakan bahwa kombinasi minyak nimba dan minyak zaitun efektif dalam merawat kulit kepala gatal akibat ketombe juga. Anda hanya perlu mencampur satu sendok makan minyak nimba dengan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke rambut Anda dan biarkan selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya dengan air suam-suam kuku. Campuran minyak nimba dan minyak zaitun dianggap sebagai kondisioner rambut yang bagus.

Sebagai alternatif cara mengatasi rambut rontok secara alami dan ketombe Anda bisa mencampur minyak nimba, minyak basil, dan minyak pohon teh dalam jumlah yang sama, tergantung pada panjang rambut Anda. Dikatakan bahwa solusi ini cocok untuk semua jenis rambut.
Kombinasi minyak pohon teh, minyak rosemary, dan minyak nimba dalam jumlah yang sama juga bisa mengobati masalah rambut dan kulit kepala. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala Anda. Anda bisa keramas rambut Anda seperti biasanya setelah 2 jam.

Jika Anda ingin menyingkirkan ketombe dan menyembuhkan akar rambut yang rusak, Anda harus memasukkan beberapa tetes minyak nimba, 1 sendok makan bhringaraj, beberapa daun bnasil, 1 sendok makan bubuk fenugreek dan satu sendok makan shikakai dalam mangkuk dan campuran. Bahan ini bagus sampai menjadi pasta kental. Sebarkan pasta ini ke kulit kepala dan rambut Anda. Pasta ini akan membantu mengurangi masalah ketombe karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur.