Cara mudah menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat sampai tuntas

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan prosedur medis hingga tuntas tak berbekas. Kulit berminyak sering menjadi pemicu utama jerawat, jadi cara utama yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengurangi jerawat adalah dengan mengurangi minyak terlebih dahulu. Faktor keturunan, stres dan perubahan hormon yang tidak menentu juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak. Untuk menghilangkan jerawat dengan mengontrol minyak berlebih anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena ada beberapa bahan alami yang diketahui cukup ampuh untuk mengatasi kulit berminyak:

Membuat pasta dengan pepaya merupakan cara terbaik untuk mengatasi jerawat membandel sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Caranya: Haluskan buah pepaya yang sudah masak dengan menggunakan blender hingga menyerupai pasta, setelah itu balurkan ke seluruh bagian wajah anda hingga merata. Jika sudah selesai bersihkan dengan air hangat.

Membuat masker anti minyak berlebih: Menerapkan masker seminggu sekali dengan menggunakan bahan alami dapat mengurangi minyak berlebih yang pada gilirannya akan membantu menghilangkan jerawat. Caranya: Buat masker tanah liat dengan mencampur 1 sendok teh liat kosmetik dengan 1 sendok makan witch hazel. Tambahkan ke campuaran keduan bahan tadi dengan beberapa tetes minyak esensial lemon untuk memberikan aroma yang segar. Terapkan masker yanga anda buat tadi ke seluruh wajah, tunggu hingga 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami

  1. Putih telur: Putih telur telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menghilangkan jerawat, meskipun keampuhan putih telur dalam mengobati jerawat hanya diberitakan dari mulut ke mulut dan belum ada penelitian ilmiah yang mampu mengungkap secara praktis, akan tetapi putih telur diduga bekerja dengan cara membantu membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran sisa kulit mati yang dapat menyebabkan jerawat.

  2. Madu Murni: Madu merupakan bahan alami yang bersifat antibakteri sehingga diketahui cukup efektif dalam menghilangkan jerawat. Menurut University of Waikato di Selandia Baru, molekul gula dan air yang terdapat dalam madu murni saling mengikat begitu erat untuk menghilangkan bakteri di dekatnya, sehingga mampu menghambat pertumbuhan mereka. Madu juga memiliki pH yang cukup rendah. Universitas Waikato juga melaporkan bahwa sebagian besar formulasi madu di bawah antara 3,2 dan 4,5 jumlah ini diketahui terlalu rendah untuk spesies bakteri seperti E. coli, Salmonella dan Streptococcus untuk bisa bertahan hidup. Karena salah satu penyebab jerawat adalah pertumbuhan bakteri, maka madu bisa menjadi solusi jitu karena bahan alami ini benar-benar menghambat pertumbuhannya.

  3. Menggunakan bawang putih: Cara menghilangkan jerawat yang selanjutnya adalah dengan bawang putih. Selama berabad-abad yang lalu bawang putih telah digunakan sebagai obat oleh beberapa masyarakat kuno karena dianggap memiliki sifat antiseptik, antivirus dan anti-jamur yang kuat. Mengkonsumsi bawang putih telah diakui mampu meningkatkan stamina secara keseluruhan, kejantanan dan vitalitas. Pada tahun 2010, Bawang putih di India menjadi cara yang bermanfaat untuk melawan persisten jerawat. Menurut Robert Godart dalam artikelnya yang berjudul " Cara menghilangkan jerawat bahan alami" bawang putih adalah ramuan yang sangat berharga bukan hanya untuk menghilangkan luka bekas jerawat tetapi juga untuk mengobati alergi. Para peneliti percaya bahwa kemampuan bawang putih dalam menghilangkan jerawat tidak terlepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Seperti dilansir oleh Science Daily pada 31 Januari 2009 lalu bahwa senyawa yang disebut allicin yang memberikan rasa pada bawang putih memiliki kapasitas untuk terurai menjadi asam sulfenic antioksidan utama. Dr Derek Pratt, dari Canada Research Chair dalam Free Radical Chemistry, mengatakan Reaksi antara asam sulfenic dan radikal hanya dibatasi oleh waktu yang diperlukan untuk dua molekul bersentuhan. Untuk itulah bawang putih menjadi salah satu paling ampuh yang diketahui.

  4. Menggunakan es kering: Pengobatan menggunakan es kering secara teknis disebut cryotherapy atau cryosurgery, merupakan prosedur yang dilakukan oleh ahli dermatologi untuk berbagai kondisi kulit seperti mengatasi jerawat. Biasanya dokter menggunakannya untuk menghilangkan kutil, tahi lalat, bekas luka akibat jerawat atau beberapa jenis pra-kanker. Pengobatan es kering dapat digunakan untuk penyembuhan jerawat dan mengurangi bekas jerawat jika dilakukan dengan prosedur yang benar. Pengobatan jerawat dengan es kering melibatkan nitrogen atau karbon dioksida, seperti dicatat Oleh Acne Solution. Suhu nitrogen cair di cryotherapy sekitar -196 derajat Celcius, atau -320,80 derajat Fahrenheit.

  5. Menggunakan kentang: Cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami bisa dilakukan dengan kentang lo. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran atau sel kulit mati, sehingga bakteri dan sebum hadir, menurut "Foundations of Nursing." Menurut "Cures Alternatif: Kentang merupakan obat alami yang cukup efektif diantara 1.000 dari bahan penghilang jerawat lainnya. Jika jerawat yang anda derita parah atau berkelanjutan, sebaiknya kunjungi dokter kulit untuk dilakukan perawatan medis.

  6. Menggunakan baking soda: Baking soda merupakan bahan alami lainnya yang diketahui cukup ampuh dalam membersihkan jerawat. Meskipun bukan seratus persen bahan alami, baking soda memiliki efek samping yang tidak membahayakan sehingga cukup aman untuk kulit wajah anda. Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda: Campur baking soda dengan air hingga memiliki tekstur seperti pasta. Berdirilah di depan cermin dan Terapkan pasta yang telah anda buat tadi pada jerawat dengan jari. Diamkan sekitar 3-5 menit. Setelah itu bersihkan dengan air.

Jika anda tidak mau menghilangkan jerawat dengan bahan alami di atas yang tentunya membutuhkan proses penyembuhan lama anda juga bisa menggunakan prosedur medis yang diketahui cukup ampuh dalam mengatasi jerawat dan pastinya cara kerjanya pun cukup cepat.

Beberapa prosedur yang bisa anda tempuh untuk mengatasi jerawat adalah perawatan laser. Menghilangkan jerawat dengan cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena sekali perawatan anda harus mengeluarkan uang sedikitnya 2 juta rupiah, itupun harus diulang beberapa kali. Belum lagi menghilangkan jerawat dengan prosedur laser juga memiliki efek samping seperti kulit menjadi memerah, mengelupas, bahkan bengkak. Setelah perawatan laser selesai anda juga tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung untuk beberapa hari.

Ada beberapa varian untuk menghilangkan jerawat dengan cara ini, tetapi yang paling sering adalah menggunakan laser CO2. Cara kerjanya adalah kulit anda akan ditembus oleh laser dengan kekuatan tinggi yang akan mengelupaskan dan meratakan kulit. Maka tidak heran jika perawatan laser juga sering digunakan untuk menghilangkan parut bekas jerawat.

Setelah kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan prosedur medis maka selanjutnya kita akan mencari tahu apa penyebab jerawat dan bagaimana untuk mencegahnya datang kembali.

Tips mencegah jerawat membandel

  1. Tips mencegah jerawat yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika kulit wajah kita sangat sensitif, entah itu akibat kotoran atau sentuhan tangan maka akan mudah berjerawat. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkannya secara rutin agar jerawat tidak muncul kembali

  2. Gunakan produk kecantikan yang cocok. Tidak bisa kita pungkiri jika ketepatan dalam memilih produk kecantikan bisa sangat menentukan dalam mencegah jerawat. Hal ini dikarenakan kulit setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga membutuhkan produk kecantikan yang berbeda pula. Salah dalam memilih produk kecantikan bisa menyebabkan kulit anda mudah jerawatan.

Demikianlah beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba, dimana dari beberapa cara di atas kira-kira mana yang paling cocok dengan kondisi anda saat ini? Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memilih porsedur yang akan anda tempuh untuk mengobati jerawat.